Bahasa Bunga

bunga, Uncategorized

Bahasa bunga atau sering juga disebut floriografi adalah semacam cara berkomunikasi dengan menggunakan bunga. Ketertarikan pada floriografi berkembang pesat di Inggris pada jaman Victoria. Hal tersebut tak lepas dari mewabahnya demam berkebun yang menjadi tren saat itu. Artikel ini telah mengumpulkan beberapa bunga terkena beserta makna-maknanya:

  1. Hydrangea

Bunga biru ini sering juga disebut hortensia atau kembang bokor. Bunga ini memiliki arti rasa terima kasih, permintaan maaf dan pengertian tanpa adanya perasaan romantis. Juga dapat berarti perayaan pernikahan ke 4. Secara negatif bunga ini memiliki arti permintaan maaf dalam menolak pernyataan cinta.

  1. Lily of the Valley

Melambangkan keindahan, perasaan yang manis dan kebahagiaan, Lily of the Valley memiliki makna positif juga dalam makna religius. Bunga ini melambangkan penerimaan dari pernyataan perasaan. Duchess of Cambrige Catherine Middleton menggunakan bunga ini dalam buket pernikahannya.

  1. Bird of Paradise (Bunga Pisang)

Bunga pisang, di barat sana dikenal dengan nama yang cukup spektakuler, yaitu Bird of Paradise (burung cendrawasih / burung surga) sebab penampilannya yang meriah dan eksotis memang menyerupai dengan burung cendrawasih. Bunga ini bermakna keceriaan, perayaan dan rasa optimis pada masa depan. Juga merupakan lambang perayaan pernikahan ke 9.

  1. Anthurium

Anthurium memiliki kemampuan untuk membersihkan udara di sekitarnya dari bakteri. Bunga ini memiliki makna keramah tamahan dan penerimaan, juga ucapan berisi harapan-harapan yang baik bagi penerimanya. Karena makna dan kegunaannya itu, anthurium sering dipajang di hotel, villa dan rumah sakit. Pilihan yang tepat buah mengunjungi pasien.

  1. Petunia

Meski terlihat cantik, petunia melambangkan kebencian. Secara literal, Petunia berarti; “aku tak ingin melihatmu lagi!’

  1. Spider Flower

Bunga yang satu ini memiliki makna yang unik; “ayo kawin lari”. Tercipta pada masa Victorian, bunga ini sesuai untuk menggambarkan perbedaan kelas sosial yang keras pada masa itu. Dapatkah kalian bayangkan bagaimana perasaan si pelayan manis yang menerima bunga ini dari tuan muda nya?

  1. Mawar Merah

Bunga ini dapat dikatakan adalah bunga dengan makna yag paling umum diketahui; cinta yang membara. Jumlahnya pun ikut menentukan dalam menyampaikan makna.

  1. Mawar Kuning

Cinta yang platonik. Saat kalian mendapatkan bunga ini dan bukannya mawar pink atau mawar merah, itu berarti kalian berada dalam zona pertemanan..

  1. Mawar Putih

Berlambangkan kesucian karena warnanya, mawar putih seringkali digunakan dalam pernikahan untuk melambangkan keperawanan atau cinta yang suci.

  1. Mawar Pink

Mawar pink adalah sebuah bentuk ungkapan cinta. Mawar pink ini adalah pengakuan cinta dari sang pemberi kepada penerimanya.

  1. Mawar Biru

Hingga saat ini, mawar biru hanya bisa didapatkan secara artifisial, yaitu dengan mewarnai mawar putih dengan pewarna biru. Maknanya pun karena itu agak tragis. Mawar biru melambangkan perasaan cinta terhadap seseorang yang takkan tergapai; “bagai punguk merindukan bulan”. Mawar biru adalah bunga yang akan diberikan seorang penjaga kuda buat putri bangsawan jelita yang diam-diam dicintainya.

  1. Mawar Hitam

Mengesampingkan mawar hitam endemik di pedalaman Turki, hingga saat ini mawar hitam sebenarnya merupakan varietas mawar merah yang amat gelap sehingga terlihat hitam. Sering disalahartikan sebagai bunga untuk berkabung, mawar hitam memiliki makna yang lebih gelap; “engkau milikku selamanya”.

13. Lycoris Radiata (Lili Laba-Laba Merah)

Bunga ini memiliki makna perpisahan dan kematian. Bunga ini memiliki dongeng tragis di Jepang dan dipercaya merupakan bunga yang tumbuh di dunia kematian. Bunga ini banyak ditanam di kuburan Jepang dan merupakan persembahan bagi orang yang sudah mati.

14. Sakura (Kembang Ceri)

Satu lagi bunga khas Jepang, Sakura melambangkan sebuah awal yang baru dan kesembuhan karena merupakan salah satu bunga yang mekar begitu musim dingin berakhir dan musim semi dimulai.

15. Meihua (Kembang Plum)

Meihua adalah bunga yang amat disukai di negeri tirai bambu Cina. Bunga ini, berbeda dengan bunga yang lain, justru mekar paling indah dan paling wangi di saat-saat paling dingin dalam musim dingin, menjadi tanda bagi bunga lain bahwa musim dingin akan segera berakhir, bahwa perjuangan tinggal sedikit lagi hingga akhirnya musim semi tiba (saat paling dingin adalah menjelang akhir musim dingin). Karena filosofi “makin susah makin indah” seperti itu, tidaklah aneh jika Meihua lalu menjadi simbol kekuatan.

16. Wijaya Kusuma

Bunga dalam dongeng ini secara internasional dikenal dengan nama Queen of the Night (sang ratu malam). Perlu satu tahun bagi tanaman ini untuk dapat berbunga, dan, sesuai namanya, Wijaya Kusuma hanya akan mekar pada saat tengah malam (Lingsir Wengi) dan akan layu menjelang fajar. Karena bersifat misterius, Wijaya Kusuma sering dikaitkan dengan hal-hal mistis dan tak setiap orang berani memelihara bunga yang satu ini.  Bunga ini bermakna “misterius”, bagaikan sebuah lagu sedih dengan lirik “antara ada dan tiada”

-+-+-+-+-

Sumber: wikipedia

Foto: dari berbagai macam sumber

Ingin menambahkan bunga atau ingin menambahkan pengalaman pribadi kalian? Silahkan request di kolom komentar

-+-+-+-+-

Senang cerita tragis?

Lihat kisah:

Kisah nyata di balik anmasi Corpse Bride

Senang lagu seram?

Lihat kisah: Kumpulan Lagu-Lagu Horor

Lihat Hutan Bunuh Diri di Aokigahara Jepang

 

Lihat lebih banyak artikel di : Menu Nona Suwanda

Senang bergaya gothic lolita atau vintage? Lihat Valoli Shop

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s