Lu Bu dan Diao Chan

kerajaan, romance, sejarah, tokoh sejarah, Uncategorized

Sejauh apakah kalian berani bertingkah atas nama cinta? Beberapa meninggalkan istrinya, orang tuanya atau sahabat-sahabatnya. Pria satu ini menghancurkan sebuah pemerintahan demi gadis yang dicintainya. Tragisnya dia mati tanpa mengetahui bahwa si gadis adalah bagian dari sebuah persengkongkolan untuk menjatuhkan dirinya.

Lu Bu adalah seorang Jendral perang yang terkenal akan kekuatannya baik dalam memimpin pasukan maupun dalam duel satu per satu. Pada masanya Lu Bu dianggap sebagai dewa perang yang tak tertandingi. Namun dia juga seorang penghianat ulung. Sebelum dia diangkat anak oleh Dong Zhuo, Lu Bu adalah anak angkat seorang pejabat bernama Ding Yuan. Demi meraih kekuasaan bersama Dong Zhuo, Lu Bu membunuh ayah angkatnya sendiri. Sehingga Lu Bu seringkali dijadikan metafora semacam “memelihara anak macan”, sebagaimana nasib Ding setelah mengangkatnya menjadi putranya sendiri.

Karakternya yang tidak loyal itulah yang lalu membuat Wang Yun lalu menyusun rencana untuk menjatuhkan Dong Zhuo dengan memanfaatkan Lu Bu. Wang Yun memiliki seorang putri angkat bernama Diaochan yang berparas amat cantik dan juga pandai menari. Dalam sebuah kesempatan Wang Yun mengundang Lu Bu ke kediamannya dan membuatnya bertemu Diaochan yang cantik. Lu Bu segera jatuh cinta padanya dan Wang Yun lalu menjanjikan Lu Bu untuk menikahi Diaochan.

Kemudian tanpa diketahui Lu Bu, Wang Yun mempersembahkan Diaochan kepada Dong Zhuo sebagai selirnya, dan ia kemudian mengaku kepada Lu Bu bahwa dia terpaksa melakukannya. Saat Lu Bu diam-diam mengunjungi Diao Chan di kediaman Dong Zhuo, Diao Chan berpura-pura merasa sedih dengan keadaannya, bahwa Dong Zhuo telah berlaku kejam pada dirinya dan dia berusaha bunuh diri dengan melompat ke dalam kolam. Hal itu menghancurkan hati Lu Bu dan dia bersumpah akan mengeluarkan Diao Chan dari kondisi itu.

Pertemuan itu diketahui oleh Dong Zhuo. Atas saran dari penasehatnya, Dong Zhuo berkeinginan untuk memberikan Diao Chan kepada Lu Bu untuk memenangkan loyalitas Jendral itu. Saat Dong Zhuo menyatakan rencana itu pada Diao Chan, gadis cantik itu segera menangis tersedu-sedu dan berusaha bunuh diri, bahwa dia membenci Lu Bu dan lebih baik mati dari pada harus menikahi Lu Bu. Hal itu membuat Dong Zhuo tak sampai hati dan menahan Diao Chan untuk dirinya sendiri.

Dalam keadaan itulah Wang Yun lalu mulai mendekati Lu Bu dan mengajaknya melakukan persengkongkolan untuk menjatuhkan rezim Dong Zhuo. Pada tahun 192 M Lu Bu lalu membunuh Dong Zhuo ayah angkatnya itu dan dengan penuh kemenangan mendapatkan Diaochan. Sayangnya, setelah beberapa lama, Lu Bu akhirnya ditaklukkan oleh Chao Chao, ironisnya, dia diserahkan pada Chao Chao oleh anak buahnya sendiri.

Nasib Diaochan setelah Lu Bu dieksekusi oleh Chao Chao tidak tertulis dalam sejarah, namun ada beberapa versi yang dipercaya secara tradisional;

  1. Diaochan memilih menjadi seorang bikuni (biksu wanita)
  2. Chao Chao menyerahkannya kepada kubu Liu Bei, Zhang Fei, dan Guan Yu sebagai hadiah. Saking cantik dan memesonanya Diaochan, Liu bei dan Zhang Fei mulai berseteru memperebutkannya, sehingga Guan Yu memilih untuk mengeksekusi wanita itu untuk menghindari pertikaian antar saudara. Versi ini kemungkinan adalah landasan cerita dari film The Warlords (Jet Li, Andy Lao, Takeshi Kaneshiro, 2007)
  3. Chao Chao menghadiahkan Diaochan kepada Guan Yu. Menyadari bahwa wanita cantik itu adalah mungkin adalah senjata dari Chao Chao, Guan Yu kemudian mengeksekusi Diaochan (ada juga versi di mana Guan Yu membuatnya menjadi bikuni)

Dalam Budaya Populer

Diaochan dan Lu Bu juga termasuk sebagai karakter dalam game populer Dynasty Warriors, yang diambil dari catatan sejarah dramatis Romance of Three Kingdoms. Dalam game ini karakter Lu Bu seringkali digambarkan tak terkalahkan, khususnya dalam bagian gerbang Hu Lao. Setiap pemain yang dikalahkan Lu Bu akhirnya menyadari bahwa mereka tak dapat mengalahkan Lu Bu dan hanya akan memastikan kematian mereka jika mereka berani membunuh Diaochan, sebab jika mereka menyerang Diaochan, Lu Bu akan murka dan akan segera muncul menyerang sang pemain 🙂 .

Kisah Diaochan dan Lu Bu seringkali diangkat dalam film, game, bahkan miniseri remaja. Dalam game Kessen 2, Diao Chan bahkan dipasangkan dengan Liu Bei, sementara dalam drama seri remaja Zhongji Diao Chan berpasangan dengan Guan Yu.

 

Dalam Dynasty Warriors 5, salah satu akhir alur permainan adalah Lu Bu berhasil menemui Diao Chan menjelang ajalnya;

Sumber:  wikipedia

Senang kisah kerajaan dari Tiongkok? Lihat Maharatu Wu Zetian sang Kaisar Wanita

Hutan Bunuh Diri di Jepang

Tak selamanya perang itu keji, kisah heroik dalam perang dunia ke dua

Lihat lebih banyak cerita di Menu Nona Suwanda

Senang pakaian vintage? Lihat toko kami di Tokopedia atau Bukalapak
Follow Facebook kami di : Valoli Lolita Fashion

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s