Maharatu Wu Zetian

romance, sejarah, tokoh sejarah

Satu-satunya kaisar perempuan dalam empat ribu tahun sejarah Cina, Wu Zetian terkenal karena kecantikan, kepandaian dan keberaniannya. Sayangnya wanita ini juga dikenal karena kekejamannya dalam menyingkirkan saingan politiknya serta ketampanan selir-selir miliknya. Inilah sedikit catatan mengenai seorang maharatu yang dipercaya tega membunuh bayi kandungnya sendiri demi meraih kekuasaan.

Terlahir dari ayah bermarga Wu yang kaya karena usaha kayunya serta ibu dari keluarga Yang yang berpengaruh, Wu Mei mendapatkan hidup yang nyaman tanpa perlu mengerjakan apapun. Ayahnya yang baik hati mendorongnya untuk belajar, tidak seperti umumnya para ayah memperlakukan anak gadis mereka pada masa itu. Wu Mei lalu tumbuh menjadi  seorang gadis yang cerdas dan berambisi. Pada usianya yang ke empat belas Wu Mei kemudian tinggal di istana dan menjadi selir kaisar Taizong.

Selama pengabdiannya pada kaisar Taizong, Wu Mei tidak banyak mendapat perhatian sang kaisar, namun dia memiliki hubungan roman dengan Li Zhi, sang putra mahkota (yang dapat dikatakan putra tirinya). Sang putra makhota dipercaya telah jatuh hati padanya sejak kecil. Setelah kematian kaisar Taizong, Li Zhi menjadi kaisar berikutnya dengan gelar kaisar Gaozong dan menjadikan Wu Mei selirnya. Saat itu kaisar Gaozong telah memiliki istri, yaitu Ratu Wang. Dengan cara yang mengerikan, selir Wu Mei lalu merebut posisi itu darinya.

Beberapa saat setelah melahirkan bayi perempuannya, bayi itu ditemukan meninggal, tak lama setelah Ratu Wang (yang tak memiliki anak) mengunjungi sang bayi. Saksi mata yang telah diatur mengaku bahwa Rattu Wang yang terakhir kali melihat sang bayi. Hal ini membuat kaisar mulai membenci sang ratu. Masyarakat tradisional percaya bahwa selir Wu sendiri yang telah mencekik bayinya agar dapat menuduh ratu Wang, sementara ahli sejarah modern lebih percaya bahwa bayinya telah mati sebelum selir Wu memiliki ide untuk memanfaatkan kematian bayinya.

Kaisar Gaozong yang baik hati meski berkarakter lemah dengan mudah dipengaruhi oleh selir Wu. Atas tuduhan menggunakan ilmu sihir, ratu Wang lalu ditahan dan gelarnya sebagai ratu diambil kemudian kaisar mengangkat selir Wu menjadi ratu. Setelah menjadi ratu, Wu lalu memerintahkan eksekusi untuk saingannya mantan ratu Wang.

Selain itu dia juga memerintahkan penahanan untuk Li Zhong, putra tertua Gaozong. Pada tahun 657 saja sang ratu memrintahkan eksekusi untuk sejumlah pejabat yang berseberangan dengannya, bahkan putra-putra mereka juga.

Suatu kali, kaisar Gaozong menjadi marah pada sang ratu karena besarnya intervensi sang ratu atas pemerintahan. Penasihat kerajaan dan seorang pejabat kasim lalu menyarankan kaisar untuk menurunkan pangkat ratu dan dia juga telah menyiapkan draft perintah untuk itu. Ratu Wu mendengar hal itu dan segera menghadap kaisar, tepat saat kaisar sedang memegang draft perintah penurunan pangkat sang ratu. Sang ratu lalu memohon mengiba pada kaisar untuk memaafkannya, membuat kaisar tak kuasa menolak. Pada akhirnya sang kanselir dieksekusi beserta putranya, juga si pejabat kasim. Ratu juga memerintahkan Li Zhong, putra tertua Gaozong untuk bunuh diri (sebab anggota keluarga kerajaan tak dapat dieksekusi, mereka harus mati dengan cara bunuh diri).

Selain itu ratu Wu juga mengirim banyak orang-orang yang tak disukainya ke pengasingan. Tak sedikit dari mereka mati beberapa saat setelah diasingkan. Kemudian seorang sepupu kaisar yang juga istri putranya sendiri, dimasukkan dalam tahanan rumah dan dibiarkan kelaparan hingga mati. Putra tertuanya, Li Hong, yang sempat salah bertindak tiba-tiba meninggal. Banyak yang menduga bahwa Li Hong meninggal karena diracun ibunya sendiri (ratu Wu sering kali menggunakan racun untuk menyingkirkan saingannya). Selain putranya sendiri, sejumlah pangeran juga diasingkan olehnya.

Setelah kematian kaisar Gaozong, putra kedua ratu Wu, Li Zhe menjadi kaisar, namun karena beda paham dengan sang ratu, Li Zhe pun lalu diasingkan. Ratu lalu mengangkat putra bungsunya menjadi kaisar. Setelah beberapa lama, dia lalu membuat putranya mengangkat dirinya sendiri sebagai kaisar. Kaisar (Empress) Wu dikenal dengan nama Wu Zetian.

Meskipun terkenal kejam dalam menyingkirkan saingan politiknya, ratu Wu memiliki kemampuan khusus dalam memilih dan mengangkat pejabat yang mumpuni, sehingga pemerintahannya adalah era yang amat damai dan kebudayaan berkembang pesan serta beragam, hal yang diakui bahkan oleh para sejarawan tradisional yang tidak menyukainya.

Setelah kematian suaminya kaisar Gaozong, Wu Zetian memiliki beberapa orang selir. Yang paling berpengaruh padanya adalah Zhang bersaudara; Zhang Chong dan Zhang Yizi. Zhang Yi Zi dikenal sebagai pemuda yang amat tampan serta cerdas, dia juga digambarkan pandai bernyanyi dan memainkan seruling. Bahkan, dalam beberapa kesempatan, dia didandani layaknya perempuan sebab amat rupawan perawakannya. Kakak beradik ini pada akhirnya dieksekusi beberapa saat sebelum kematian sang kaisar oleh para saingan politik mereka.

Wu Zetian memiliki empat orang putra, dengan tiga di antaranya sempat menjadi kaisar. Salah seorang cucunya adalah Kaisar Xuanzong yang terkenal itu.

Kisah hidupnya yang penuh ambisi dengan memanfaatkan pengaruh penampilan serta kepribadiannya yang luar biasa menjadikan Wu Zetian salah seorang tokoh sejarah yang ditampilkan secara dramatis dalam banyak karya pertunjukkan. Salah satu yang terkenal adalah Empress of China, sebuah serial di mana Wu Zetian diperankan oleh Fan Bingbing yang memesona. Di bawah ini adalah trailer Empress of China:

-+-+-+-+-

Sumber: wikipedia
-+-+-+-+-

Wu Zetian bukanlah satu-satunya perempuan hebat dalam sejarah, Mariya Oktyabrskaya membalaskan dendam suaminya yang terbunuh dalam perang melawan Nazi Jerman pada perang dunia kedua, dengan sebuah tank yang dibelinya sendiri. Lihat di:

Balas dendam seorang istri, Mariya Oktyabrskaya

Kesetiaan seorang istri pada tragedi Titanic dalam:

Kisah unik dalam tragedi Titanic

Lihat lebih banyak cerita di Menu Nona Suwanda

Senang fashion vintage? Cek toko Valoli Lolita Fashion

Ada juga di tokopedia: Valoli Tokopedia
di buka lapak: Valoli Bukalapak

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s