Bersatu dalam Maut

dongeng, kisah tragis, perang, sejarah

Selayaknya kisah dongeng tentara timah yang teguh, kisah pasangan ini juga berakhir romantis namun tragis. Brenda Morgan adalah seorang perawat dari organisasi Queen Alexandra Inggris yang bertugas di Hong Kong semasa perang dunia kedua. Kekasihnya, yang baru saja menjadi tunangannya adalah seorang perwira yang juga ambil andil dalam perang dunia kedua.

Sebagai pengingat, berikut ini adalah kisah si Prajurit Timah yang Teguh;

Suatu waktu, seorang anak memiliki 25 tentara timah mainan. Sebuah di antaranya hanya memiliki satu kaki, dia terlihat berbeda dibanding yang lain, sebab dia dapat berdiri tegak walau hanya dengan satu kaki. Tentara timah ini jatuh cinta pada sebuah balerina dari kertas, yang cantik dan berhiaskan mawar dari prada di rambutnya. Si tentara timah berpikir bahwa balerina itu sama dengan dirinya; hanya memiliki satu kaki. Tentara timah hanya dapat melihat sang balerina cantik dari kejauhan, sebab dipikirnya dirinya tak sepadan buat si balerina. Sang balerina mengangkat satu kakinya tinggi-tinggi dan tetap seimbang walau berdiri dengan satu kaki.

Suatu hari, seekor goblin yang jahat lalu menggunakan sihirnya dan membuat si tentara timah terjatuh dari jendela. Tentara timah bisa saja berteriak minta tolong, namun dia terlalu angkuh untuk meminta pertolongan, sebab dia adalah seorang prajurit gagah dengan seragam yang bagus dan memanggul senjata. Beberapa orang anak dari jalanan lalu mengambilnya dan menghanyutkannya di got dengan sebuah perahu mainan dari koran. Kemudian, di dalam selokan yang gelap, dia hampir saja ditangkap seekor tikus got. Sebenarnya walau takut, sang tentara timah selalu berusaha terlihat teguh. Jika saja sang balerina cantik berada di sisinya, dia takkan peduli pada kegelapan atau ketakutannya.

tin soldier 3

Sayangnya, kapal koran itu mulai basah dan tenggelam perlahan-lahan, bersama dengan si tentara timah. Ketika mulai masuk ke air, si tentara timah tidak merasa takut, dia hanya berpikir tentang sang balerina cantik yang takkan lagi dapat dia lihat.

“Farewell, warrior! Ever brave,

Drifting onward to thy grave.”

 

Selamat tinggal, pejuang! Tetap berani,

Maju menuju kubur

Tapi kemudian seekor ikan berenang datang dan menelan si prajurit timah, sekali lagi menyimpannya dalam kegelapan. Setelah beberapa lama, prajurit timah akhirnya melihat cahaya lagi. Rupanya seseorang telah menangkap ikan tersebut dan menjualnya pada seorang koki. Kebetulan yang luar biasa membawa ikan itu kepada koki rumah tempat si pemilik tentara timah tinggal!

tin soldier 7

Akhirnya tentara timah kembali lagi ke ruangan bermain pemiliknya. Dilihatnya bahwa sang balerina cantik masih di sana dan masih teguh berdiri di atas satu kakinya dengan elegan. Tentara timah amat tersentuh. Namun kemudian, si goblin lagi-lagi menggunakan sihirnya. Sang bocah pemilik tentara timah tanpa alasan yang jelas lalu melemparkan si tentara timah ke dalam perapian. Di sana, tentara timah dapat merasakan badannya pelan-pelan mulai meleleh. Dia tetap berusaha terlihat tegar dan melihat ke arah sang balerina yang dicintainya. Kemudian, ajaibnya, ada angin bertiup dan membawa si balerina kertas terbang. Dia melayang layaknya peri dan mendarat di sisi si prajurit timah. Dengan segera dia terbakar, sementara sang tentara timah pelan-pelan meleleh.

tin soldier 4

Keesokkan harinya, pelayan di rumah itu menemukan dua hal saat sedang membersihkan perapian; sebuah mawar prada dan hati dari timah.

 

Apa hubungan kisah itu dengan Brenda Morgan dan tunangannya?

Pada saat Jepang menyerang Hong Kong di perang dunia kedua, Brenda Morgan sedang mengevakuasi pasien-pasiennya. Sayangnya, dia terkena ledakan dan meninggal di tempat. Brenda baru saja bertunangan dengan seorang perwira. Perwira itu amat terguncang ketika mengetahui kematian tunangannya. Dia lalu sengaja berdiri terang-terangan saat baku tembak dan menjadikan dirinya sebagai target. Sang perwira segera terbunuh. Sisa jenasahnya ditemukan saat perang usai. Perwira itu dapat dikenali berkat lencana rumah sakit yang dahulu diberikan Brenda padanya sebagai kenang-kenangan.

-+-+-+-+

Sumber:  dailymail.co.uk & surlalunefairytales.com

-+-+-+-+

Senang cerita romantis tragis lainnya?

Dongeng untuk Tuan Iblis

Legenda Tragis di Balik Lagu Nina Bobo

Senang cerita sejarah?

Pasukan Pasti Mati Kamikaze

Pertolongan dari Musuh (Kisah heroik tentara Jerman)

Pasangan Kriminal Legendaris Bonnie dan Clyde

Lihat lebih banyak kisah di: Menu Nona Suwanda

Senang fashion vintage? Cek Valoli lolita Fashion

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s