Cinta Terlarang di Kamp Auschwitz

romance, sejarah, situs bersejarah dunia, tokoh sejarah, vintage

Cinta dapat bersemi di mana saja dan kapan saja, bahkan di sebuah kamp pembantaian. Siapa yang menyangka bahwa seorang anggota SS Nazi dan seorang tawanan Yahudi dapat saling mencintai? Helena Citronova, layaknya setiap Yahudi pada masa itu, membenci semua anggota SS. Franz Wunsch sehati dengan rekan-rekannya, dikenal sebagai pembenci Yahudi. Kisah cinta mereka dimulai di kamp konsentrasi Auschwitz, di mana lebih dari satu juta orang Yahudi mati dibantai.

Semua dimulai pada hari ulang tahun Franz. Salah satu tawanan yang diminta bernyanyi untuk merayakan hari itu adalah Helena, yang ironisnya telah ditetapkan untuk dieksekusi di kamar gas. Jatuh cinta pada pandangan pertama, Franz mengeluarkan nama Helena dari daftar eksekusi dan mengunjungi pabrik tempat Helena dipekerjakan. Dia melemparkan sebuah catatan pada Helena. Helena yang merasa jijik pada setiap petugas SS segera menghancurkan catatan itu di tempat itu dan saat itu juga. Namun dia sempat membaca isinya; ‘Ich habe mich in dich verliebt’ – ‘Aku telah jatuh cinta padamu’.

“Saat itu kupikir aku lebih baik mati daripada berhubungan dengan seorang petugas SS. Selama beberapa lama hanya ada kebencian untuknya. Aku bahkan tak sanggup melihatnya.” Kenang Helena. Sekalipun demikian Franz tetap mengagumi Helena dan mengirimkannya kue-kue.

helena and her sister

Helena dan Rozinka serta seorang anak Rozinka

Perasaan Helena pada Franz mulai berubah sejak dia mendapat berita bahwa saudarinya Rozinka dijadwalkan akan dieksekusi.

“Beritahu aku nama saudarimu sebelum terlambat.” Kata Franz saat itu dan dia lalu berlari ke krematorium. Walau gagal menyelamatkan kedua anak Rozinka, Franz berhasil menyelamatkan Rozinka dengan alasan untuk mempekerjakannya di Canada.

Canada adalah sebuah gudang tempat Helena bekerja. Di sana dia bertugas menyeleksi barang-barang milik tawanan Yahudi yang telah dieksekusi untuk digunakan menyokong perang Jerman.

Sejak saat itu Helena pelan-pelan jatuh hati pada Franz, meskipun seringkali terhadap teman-temannya sesama tahanan Helana beralasan dia tidur dengannya karena terpaksa.

“Ada saat-saat di mana aku lupa, bahwa aku seorang Yahudi dan dia bukan seorang Yahudi, tapi sejujurnya, pada akhirnya aku mencintainya.”

helena n franz 3

Franz Wunsch (kiri) dan Oscar Groening (kanan)

Bagaimanapun juga, dalam kisah itu bagi Helena, bertahun-tahun kemudian, terdapat sebuah noda, Franz adalah seorang petugas SS. Kisah cinta semacam itu tidak realistis dan hanya dapat berlanjut di tempat yang lain – planet yang lain.

Setelah perang usai, di awal tahun 1970-an, Franz diadili di Vienna atas tuduhan genosida atas kaum Yahudi. Helena dan saudarinya bersaksi membela Franz.

“Aku jatuh cinta pada Helena Citronova dan hal itu mengubah aku. Aku berubah menjadi orang lain karena pengaruhnya.” Demikian pengakuan Franz. Franz dilepaskan dari semua tuduhan sekalipun hakim berpendapat terdapat banyak bukti yang memberatkannya.

Helena meninggal pada 2005 sementara Wunsch pada 2009. Kisah cinta mereka yang terlarang adalah sebuah kisah yang manis, pahit, tidak realistis, dan sayangnya hanya dapat berlanjut di waktu yang lain –di tempat yang lain –di planet yang lain.

Sumber: daily mail uk, war history online

Lihat juga:

Nazi membunuh suaminya, Mariya lalu membeli sebuah tank dan menggunakannya untuk membunuh Nazi

Tebing bunuh diri di Saipan Jepang pada perang Pasifik

Tak selamanya tentara Jerman pada perang dunia 2 jahat selayaknya di film2 Holywood, beberapa di antara mereka berhati emas;
Pertolongan dari musuh

Baca cerita lainnya di Menu

Senang dengan fashion yang vintage? Kunjungi toko kami Valoli Lolita Fashion

Lihat koleksi foto kami di Galeri

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s