La Pascualita si Pengantin Mayat

kisah tragis, mitos, sejarah, situs bersejarah dunia

Sebuah manekin bernama La Pascualita menjadi daya tarik utama para pengunjung toko bridal La Popular di kota Chihuahua, Mexico. Bukan hanya karena La Pascualita adalah manekin yang cantik dan mengenakan gaun pengantin yang indah-indah, namun karena warga setempat percaya bahwa La Pascualita adalah putri sang pemilik toko. Dia diawetkan untuk menghibur ayahnya yang patah hati akibat kematian putrinya itu.

Sekilas, La Pascualita nampak seperti sebuah manekin biasa. Kenyataannya, ketika La Pascualita pertama kali dipajang di toko 95 tahun yang lalu, tepatnya pada 25 Maret 1930, warga setempat langsung menyadari kemiripannya dengan putri Pascuala Esparza, pemilik La Popular pada saat itu.

Tragis, putri Esparza pada saat itu baru saja meninggal karena gigitan laba-laba janda hitam tepat di hari pernikahannya. Orang-orang mulai menyangka bahwa Esparza yang dilanda kesedihan mendalam telah mengubah jenazah putrinya menjadi manekin yang lalu dipajang di toko bridal miliknya. Kecurigaan warga makin menjadi setelah mereka melihat detail luar biasa pada bagian-bagian tubuh manekin itu. Rambutnya rambut asli dan tangannya memiliki detail yang luar biasa realistis, lengkap dengan pembuluh nadi dan kerutan.

Tangan La Pascualita; anehnya terlalu detail untuk sebuah manekin

Tangan La Pascualita; anehnya terlalu detail untuk sebuah manekin

Sang ayah tentu menyangkal hal ini. Namun mayoritas warga kota tidak mempercayainya. Hingga saat ini, La Pascualita masih menjadi manekin utama di La Popular, sementara nama asli anak perempuan Esparza telah hilang, terlupakan oleh waktu.

Hingga saat ini, 95 tahun kemudian, La Pascualita menjadi sebuah figur yang dipercaya mampu memberi keberuntungan jodoh. Banyak calon pengantin datang untuk meminta nasihat dalam memilih baju pengantin mereka. Mereka cukup datang melihat gaun apa yang dikenakan La Pascualita pada suatu hari tertentu dan langsung menentukan gaun tersebut sebagai gaun pengantin mereka. Di luar etalasenya, orang-orang meletakkan lilin sebagai sebuah permohonan demi kelancaran jodoh.

La Pascualita di etalase utama La Popular

La Pascualita di etalase utama La Popular

Meski banyak penjelasan yang mematahkan legenda ini, para pekerja di toko La Pascualita secara misterius tetap mengganti gaun sang manekin dua kali seminggu di sebuah tempat tertutup dan hanya dua orang karyawan yang boleh melakukannya. Para karyawan lain tidak mengeluhkan kondisi itu, sebab mereka memiliki hal lain untuk dikeluhkan. Mereka seringkali mengeluh tiap kali La Pascualita berganti posisi dengan sendirinya.

Keabsahan kisah La Pascualita masih diragukan secara keilmuan, namun kisah Rosalia Lombardo; Gadis yang Tidur Abadi telah dibuktikan oleh tim Nasional Geografi. Rosalia adalah salah satu mumi paling awet di dunia!

Film Animasi Pengantin Mayat (The Corpse Bride) yang terinspirasi dari kejadian nyata bertahun-tahun yang lalu.

Legenda yang manis dan tragis bukan hanya dari luar negeri, siapa sangka lagu Nina Bobo juga punya kisah tragis. Lihat di sini.

Ingin lagi tentang lagu pengantar tidur? Lihat lagu Tili Tili Bom yang misterius asal Rusia.

Masih banyak kisah yang lain lagi, bisa dilihat di sini. Lihat Galeri

One thought on “La Pascualita si Pengantin Mayat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s